Minggu, September 13, 2009

Cara menyelamatkan HP dan LAPTOP yang terendam air..

Ada yang pernah ngalamin hp atau laptop yang kerendam air, Sekarang udah musim ujan, buat yang rumahnya bocor, para bikers, atau siapapun mungkin perlu info ini.

Cara terampuh agar laptop, hp atau barang elektronik lainnya yang terkena air dapat menggunakan beras.Kenapa beras?
Karena beras merupakan bahan alami yang dapat menyerap kelembaban udara dengan cukup baik dan ketersediaannya banyak, terutama di Indonesia yang menjadikan beras sebagai makanan pokok. Tetapi kalau ada yang punya silica gel dalam jumlah cukup banyak, tentu lebih baik pake silica gel, tapi gw yakin paling2 punya silica gel cuma bekas2 dari dus makanan ato elektronik, dan pasti gak cukup buat dicelupin hp, apalagi laptop.

Apakah dengan hair dryer kurang?
Kalau basah hanya pada bagian luar, maka penggunaan hair dryer saja cukup, namun jika basah sudah sampai ke dalam bagian elektronik yang tidak dapat dicapai oleh angin hair dryer, maka dibutuhkan treatment lain selain hair drying. Air yang terperangkap dalam elektronik tetap dapat menguap karena adanya tegangan permukaan air yang dapat menyebabkan air menguap dibawah titik didihnya. Penggunaan beras sebagai penyerap lembab disini berguna sebagai accelerator (pemercepat) terjadinya penguapan air di dalam elektronik. Mengapa itu terjadi? Hal ini berhubungan dengan kesetimbangan cair-uap, dimana jika uap dapat terus diserap oleh beras, maka akan semakin banyak air yang dapat teruapkan dengan cepat, sebelum air itu merusak elektronik dengan membuat korsleting, karat, dll.

Pemakaian hair dryer tetap disarankan, karena selain anginnya, panasnya juga dapat membuat air yang berada di dalam elektronik lebih cepat menguap, namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu lama menggunakan hair dryer karena ada elektronik yang tidak terlalu tahan panas.


Spoiler for nih picnya

Spoiler for pic 1

Spoiler for pic 2

Spoiler for pic 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget