Kamis, September 10, 2009

7 alasan saYa Amaat Sangaat Benci Sekali MLM

1. Sistem pembagian keuntungan yang ga masuk akal
Coba  perhatikan perbedaan 2 jalur distribusi berikut, ( misalkan aja produknya teh hijau) :
a. Jalur perdagangan : Produsen (Dalam hal ini petani, mengambil untung sekitar 20%) -->Pengolah (teh ini difermentasikan dan dipak, dia ambil untung 20%) --> Distributor (distributor biasanya hanya ambil untung maks 5%, dia ngejarnya omzet) --> Pedagang besar (ambil untung 5-10%) --> Pedagang kecil (ambil untung 20%) --> Pembeli (dapet keuntungan bisa bikin teh enak dgn harga wajar)
- Disini semua yang terlibat dalam rantai distribusi ini mendapat keuntungan, bahkan sampai ke pembelinya.
b. Sistem MLM : Produsen (Ngakunya pabriknya di China, Amerika, Kanada, ambil untung entah berapa besarnya) --> Biang keroknya MLM (ni juga ga tau ambil untung berapa, yang jelas besar bgt, ampe bonusnya aja kapal pesiar) -->Distributor (sering juga disebut stokist, tiap anggota MLM itu berhak beli dgn diskon 20%. Tapi ni bukan berarti keuntungannya 20%, dia dapat lebih dari itu, sebab ongkos produksi produk tadi tak mungkin semahal itu) --> Downline yang bawah2 (ini sih ga dapet untung sama sekali, mereka cuma ngejar tutup point biar keanggotanya ga dicabut) --> Pembeli (biasanya orang yang sungkan karena sang MLM tu temen ato sodaranya. Ato orang yang beli karena ingin bergabung. Mereka dapet produk yang belom tentu lebih baik dengan harga berlipat)
- Liat kan, semakin bawah tu semakin diperas. Beda dengan jalur perdagangan. Di jalur perdagangan yang bawah emang dapet untung lebih sedikit, tapi tetep untung. Di sistem MLM, mereka yang bawah ini setor duit buat yang atas

Sang Raja Kucing Garong

Spoiler for pesan


White Lion
Spoiler for pesan


Yang udah dapet BMW
Spoiler for pesan


Yang rada tengah
Spoiler for pesan


Yang bawah tapi masih optimis
Spoiler for pesan


Yang bawah dan putus asa
Spoiler for pesan


2. Mereka mencuci otak temen2 gua
Dulu sih temen baik, tiap diajak ngomong nyambung. Tapi sekarang begitu dia ikut MLM, omongannya tu tentang passive income, membangun jaringan, blablabla, pokoknya promosi melulu. Kita ngomong yang laen pun dia tetep kekeh promosiin MLM nya dia. Alhasil kita2 temen lamanya pun jadi ogah ngajak dia maen2 lagi….


3. Mereka selalu menyembunyikan maksud kedatangan mereka
Tukang nasi goreng aja teriaknya di kampung2 juga “NASI GORENG”, karena mereka bangga akan dagangan mereka dan yakin dagangannya bisa dijual tanpa banyak boong. Sedangkan agen2 MLM ni, ga mungkin mereka telpon minta ketemuan njelasin kalo mereka mao nawarin MLM. Kalo agen ini udah kenal, dia bakalan ngajakln maen ato nongkrong ke mana. Bahkan ada yang ampe bilang “Nanti aq kenalin temen2 kerjaku sekalian, Cakep2 lho”…
Kalo mereka emang mao jualan produk, kenapa harus boong duluan????


4. Melebih2kan khasiat barang dagangannya

“Ibu A sembuh dari kanker setelah makan suplemen kami. “

“Si B sakit jantungnya bcor derajat 4, dokter sudah memvonis mati, tapi sembuh setelah minum obat kami….”

Sadar Mas, Mbak. Yang kalian tawarkan tu suplemen, alias bahan2 yang sebenarnya ada dalam makanan kita, namun dibuat suplemen untuk jaga2 kalo makanan kita kurang seimbang… BPOM aja udah kasih nomer registernya tu suplemen, masa kalian ngaku itu obat dewa yang menyembuhkan berbagai penyakit..

Lagian kalo benar tu MLM udah nemuin obat kanker, jantung bocor, Diabetes Melitus, Gagal Ginjal Kronis, lumpuh pasca stroke….. Ga usah satu obat nyembuhin semua. Satu obat nyembuhin satu aja anda sudah dipastikan dapet NOBEL DI BIDANG KEMANUSIAAN
Mempercayai testimoni dari mereka yang mendapat keuntungan dari testimoni tersebut adalah hal yang sangat suangaattt konyollll…….


5. Memberikan Iming2 yang sangat menggiurkan
- Kalo udah bintang sekian anda dapet kapal pesiar, kalo udah dapet downline sekian anda dapet sepeda motor, blablabla.
Hitungan kasarnya ya, anda mau dapet kompor gas aja anda perlu ngibulin satu RT supaya mereka masuk tingkat paling bawah. Kalo yang dapet BMW ato Kapal pesiar sih, itu penipu ulung yang udah nipu sekota buat join level yang atas…


6. Merendahkan profesi lain

- “SI A udah kanker stadium 4, dokternya bilang umurnya tinggal 6 bulan. Tapi berkat produk kami, dia masih hidup sampai sekarang” (dokternya bloon, kami lebih pintar [pintar boongin orang])
“Di dunia ini hanya ada 2 macam pekerjaan, Yang pertama tipe ‘kaya’ mereka berada di posisi direktur, manager, dokter, pengacara, arsitek, dan profesi2 elit lain. Mereka punya uang, tapi mereka tidak punya waktu menikmati uang mereka. Dan tipe yang kedua adalah tipe ‘santai”mereka berada di posisi cleaning service, tukang jaga warnet, pelayan toko, bapak becak, dll,Mereka punya waktu untuk menikmati uang mereka, sayangnya mereka ga punya uang” (pekerjaan kami yang terbaik,ada waktu luang dan uang)
Bah, pekerjaan tu ga cuma diliat dari gajinya Bung. Pekerjaan tu juga dinilai dari seberapa banyaknya hal yang kita kerjakan itu membantu orang lain. Menurut gua sih, masih mending semua kerjaan di atas daripada jadi penipu berkedok MLM. Tora Sudiro aja bilang “Ogah, mending gua jd g***lo”

7. Passive Income
- Kedengarannya sih enak, “Anda tidak bekerja demi uang, uang yang bekerja demi anda”. Tapi mari coba kita cermati passive income yang dimaksud si MLM ini dan Passive Income yang sebenarnya
a. Passice income sesungguhnya : Passive income dibangun dengan membuat sistem, bisa waralaba, maupun membuat struktur perusahaan yang rapi. Membangun asset di sini berarti anda membangun sistem managemen yang rapi
b. Passive income versi MLM : membangung asset di sini berarti membangun downline.See, Passive income yang didapat itu dari bawahan2 yang ga dapet untung sama sekali. 


MLM itu Multi Lie Marketing, Lebih jahat dari kapitalisme,MLM itu kanibalisme….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget