Senin, Agustus 31, 2009

Ternyata Rambut Lebih Kuat Daripada Baja Loh !



Rapunzel

Adakah diantara kamu yang pernah denger atau mbaca cerita Rapunzel?Itu lho,cerita tentang putri cantik berambut sangat amat panjang, yang dikurung di sebuah menara tinggi tak berpintu. Mungkin ada juga yang belum tau cerita itu Buat yang belum pernah tau ceritanya,bisa kamu baca disini untuk versi English-nya.

Putri Rapunzel adalah anak perempuan raja yang diambil paksa oleh penyihir jahat untuk dijadikan anaknya. Namun malang benar nasib Rapunzel, ia tidak diperbolehkan bertemu siapapun, dan harus tinggal di menara yang sangat tinggi sendirian. Tidak ada tangga menuju ke kamarnya. Jika penyihir jahat itu ingin menemui Rapunzel maka dia meminta putri cantik itu mengulurkan rambut pirangnya untuk dijadikan tangga. Wah,kasian banget ya putri Rapunzel.

Begitu pula, ketika ada seorang pangeran tampan ingin menemui Rapunzel, ia tak dapat menemukan tangga atau jalan menuju ke menara, maka sang pangeran meminta Rapunzel mengulurkan rambutnya. Rambut panjang Rapunzel yang dikepang menjadi tangga bagi sang pangeran untuk menemuinya.

Kekuatan Rambut

Benarkah rambut manusia bisa sekuat itu, hingga bisa menahan beban tubuh sang penyihir maupun pangeran?Menurut Profesor Nathan Harshman dari American University Washington DC, hal itu bisa saja terjadi.

Sehelai rambut manusia bisa menahan beban hingga 100 gram. Sedangkan rata-rata kepala ditumbuhi 140.000 helai rambut. Bila dihitung, rambut kepala kita mampu menahan beban hingga 14.000.000 gram, atau 14.000 kilogram beban. Dengan demikian, berarti tak hanya seorang pangeran yang bisa memanjat rambut, 200 pangeran pun bisa!

Kekuatan rambut manusia berada pada korteks. Korteks memiliki molekul-molekul protein keratin yang membentuk struktur rambut yang kuat dan fleksibel. Protein keratin itu terdiri atas rangkaian panjang asam amino yang berbentuk spiral seperti kabel telepon. Komposisi alami ini dapat menahan beban yang lebih berat daripada komposisi buatan manusia. Bahkan jauh lebih kuat daripada baja. Namun, bila tak dijaga, kekuatan alami rambut itu akan hilang, sehingga rambut mudah patah dan rontok.

Masalahnya, meski rambut kita sangat kuat, tubuh kita yang tak cukup kuat menahan beban tanpa kesulitan, bisa kita maklumi, karena itu hanya dongeng. Namun, jangan coba-coba melakukannya, karena kita bisa terpental.

Profesor Nathan menyarankan, sebaiknya Rapunzel terlebih dahulu melilitkan rambutnya sebelum mengulurkannya kepada pangeran. Itu akan membuatnya lebih aman dan menghindarkan diri sakit kepala.

Melilitkan rambut akan mengalihkan tumpuan pada benda yang dililit, sehingga beban tubuh sang pangeran tidak langsung bertumpu pada kulit kepala Rapunzel.

Wah,wah....ternyata rambut memiliki kekuatan yang sangat besar ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget