Minggu, Desember 12, 2010

Semut mengelilingi bumi, berapa lama waktu yang dibutuhkan ?.

Semut mengelilingi bumi, berapa lama waktu yang dibutuhkan ?.

..

Dari judulnya kedengaran rada geblex ya , mohon maaf ane bukan ahli matematika ... jadi perhitungan yang ane bikin, sebisanya saja jadi kalau ada salah jangan ...

Ceritaya jadi gini, barusan ane bunuh kecoa gan ... ane jijik banget sama kecoa trus tuh bankai kecoa ane lupa sapu, alhasil semut-semut pada berebut makanan gratis itu. Secara, ane perhatiin cara mereka (semut) berkerjasama membawa bangkai kecoa yang ukurannya bisa ratusan kali besar tubu mereka (semut), nah iseng-iseng ane ukur kecepatan mereka berjalan pakai penggaris tentunya (tanpa membawa tuh bangkai) dan ane dapat, hasilnya berikut:

for semut:
Spoiler for :



penggaris
Spoiler for :




diketahui:
kecepatan lari seekor semut ( nih valentino rosinya semut Gan ), adalah: 1 meter / 17 detik

Ane jadi kepikiran, berapa lama waktu yang dibutuhkan seekor semut untuk bisa mengelilingi bumi 1 kali, lalu ane cari informasinya di google dan ternyata dapat keliling bumi adalah 40.000 Km.

Bumi
Spoiler for :




Iseng-iseng ane buat ni perhitungan ( sekali lagi kalau salah maaf ya, anggap aja ane ),

Diketahui:
keliling bumi adalah 40.000 Km = 40,000,000 meter

semut: 17 detik/meter

1 jam = 3600 detik, jadi: 3600/17= 211.18

dalam 1 jam semut bisa menempuh jarak: 211.18 meter

40,000,000 / 211.18 = 189,411.9 jam

penyelesaian:

24 x 365 = 8,760

maka: 189,411.9 / 8760 = 21.7 tahun

jadi seekor semut perlu waktu 21,7 tahun untuk bisa mengelilingi bumi 1 kali ....

Wow, lama beud ya gan ... 21, 7 tahun .. ini tentunya perjalanan panjang ras semut dan bisa ratusan generasi ya gan, ( kalau manusia Ane belum tahu gan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengelilingi bumi dengan jalan kaki tentunya ) kalau dengan teknologi manusia hanya perlu waktu sekitar 21,18 detik itu pun diluar angkasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget