Kamis, Desember 16, 2010

Kenangan Masa Kecil Fujiko F. Fujio (Doraemon Makers)

Kenangan Masa Kecil Fujiko F. Fujio (Doraemon Makers)

Fujiko F Fujio, dilahirkan di provinsi Toyama pada tanggal 1 Desember 1933. Ngg, aku gak tahu pasti, tapi kayaknya beliau sudah meninggal. Betul, kah? Fujiko F Fujio memang terkenal dengan kucing ajaib dari masa depan bikinannya. Padahal, cukup banyak komik lain yang ia buat. Aku suka gayanya dalam berkomik (hehe gak enak istilahnya ya :P), gambar tokohnya sederhana, gak rame dan gak punya bulu mata lentik (hehe kayak serial cantil dll), ceritanya juga asyik dan unik. Berikut ini adalah beberapa karya Fujiko F Fujio yang aku kenal  

Doraemon



Semua pada tahulah ya tentang Doraemon. Robot kucing dari abad 21 yang punya kantong ajaib. Ditakdirkan untuk membantu Nobita yang pemalas, ceroboh dan bodoh (namun, jika di Seri Petualangan, Nobita selalu menjadi jagoan utama). Aku ingat, dulu di Tabloid Hoplaa, pernah ada kuis, ”Jika jadi Nobita dan bertemu dengan Doraemon, kamu mau pinjam alat apa?” nah, aku ikutan dengan menjawab, ”Alat Percaya diri. Biar Nobita gak takut lagi jika berhadapan dengan Giant” hehe. Karena kuis itu, aku dihadiahkan beberapa buku. Aih indahnya masa kecil... 

Purman



Di tipi lebih dikenal dengan nama P-Man. Kumpulan bocah super yang ditugaskan untuk menumpas kejahatan kota Tokyo. Hebatnya, salah satu anggota Purman adalah seorang Monyet  dengan menggunakan boneka pengganda, yang jika ditekan hidungnya maka boneka itu akan menyerupai orang yang menyentuh hidung tersebut, Purman menyembunyikan jati diri dan membantu menghadapi kejahatan. Ending Purman cukup menyedihkan, ketika Mitsuo harus meninggalkan bumi untuk belajar di luar angkasa. 

Ninja Hatori



Ninja Hatori adalah ninja cilik yang pandai melakukan jurus-jurus Ninja. Bersama adiknya –Shinzo, dan seekor anjing bernama Shisimaru, mereka datang dari desa ninja Koga untuk membantu Kenichi yang tabiatnya mirip-mirip dengan Nobita hehe. Musuh bebuyutan mereka adalah ninja cilik Kemumaki yang kerap mengganggu Kenichi. Petualangan dan jurus-jurus ninjanya seru! 

21 Emon



21 Emon adalah pewaris hotel Tsuzure yang jelek dan kotor. Dia diharuskan ayahnya 20 Emon untuk meneruskan usaha hotel turun menurun itu. Padahal ia ingin sekali menjadi pilot kapal luar angkasa dan melakukan perjalanan keliling alam semesta. Keunikan cerita ini adalah dengan keberadaan tamu hotel yang notabene berasal dari luar angkasa. Kisah unik selalu hadir bersamaan kedatangan tamu-tamu tersebut. Di akhir cerita, 20 Emon akhirnya mengikhlaskan 21 Emon untuk mengejar cita-citanya. 

Esper Mami



Mami adalah gadis kecil yang punya kekuatan super. Ia bisa terbang, bisa menggerakkan benda, dan bisa membaca pikiran orang. Di esper mami, tokoh tipe-tipe Nobita tidak ada. Mami pure membantu orang-orang yang ada di sekitarnya. Esper Mami adalah komik Fujiko paling kelam menurutku, karena ceritanya jauh lebih serius dan lebih panjang. Walau begitu, masih asyik kok 

Bakeru Kun



Kawaru (lagi, tipe-tipe Nobita) mendadak diwarisi sebuah rumah besar oleh seorang alien (eh emang alien itu orang? Hehe) yang ternyata, di dalam rumah tersebut tersimpan sebuah lemari yang berisi boneka sebesar kepalan tangan. Anehnya ketika hidung boneka tersebut ditekan, maka Kawaru akan berubah menjadi boneka tersebut. Bentuknya macam-macam. Tapi ia paling sering berubah menjadi Bakeru, karena keahlian Bakeru berbanding terbalik dengannya. Bakeru pandai bermain Baseball, dan juga digemari teman-temannya. ^^ Petualangan-petualangan seru selalu terjadi setiap Kaweru bermain-main dengan boneka yang lain. Hehe misalnya ketika menjadi Tarzan atau boneka beruang.



Cukup banyak ya? Sayangnya, sebagian besar komik-komikku itu sudah hilang. Hiksss... ini akibat dipinjem temen yang gak mau balikin nih, huaaa! Makanya sekarang aku agak-agak pelit kalo ada yang mau pinjem buku-bukuku. Biarin deh dibilang pelit yang penting koleksiku aman... hehe. Sayang komik-komik di atas gak dicetak ulang, kalau nanti dicetak ulang, mau deh beli lagi untuk nampel koleksi yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget