Minggu, Oktober 16, 2011

Salah Satu Gedung Tertinggi di Cina Ada di Desa Miskin

Salah Satu Gedung Tertinggi di Cina Ada di Desa Miskin

Huaxi Bahkan Dijuluki Sebagai Desa Model Sosialis Cina



Longxi International Hotel yang berada di Huaxi. Foto:AFP

Salah satu bangunan tertinggi dibuka disebuah 'desa terkaya' di Huaxi, simbol dari pertumbuhan ekonomi yang pesat, para pejabat dan tekan negara mengatakan Senin (10/10).

Hotel International Longxi memiliki tinggi 328 meter (1.082 kaki) dan dibangun dengan biaya US$ 470 juta, kata seorang pejabat di Huaxi kepada AFP.

Ada sekitar 10 gedung tinggi di China - termasuk Shanghai World Financial Center, yang menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia – namun semuanya berada di kota-kota besar.

Sedangkan Huaxi, masih digolongkan sebagai sebuah desa di Cina timur provinsi Jiangsu walaupun diperluas secara signifikan selama bertahun-tahun dengan desa-desa terdekat. Populasinya berkembang menjadi 50.000 dari 1.600 pada tahun 1960.

Huaxi sebenarnya merupakan komunitas pertanian yang miskin. Ekonominya meningkat drastis selama 30 tahun terakhir akibat daru reformasi ekonomi China.

Huaxi bahkan dijuluki sebagai "desa model sosialis", kekayaan Huaxi didasarkan pada dana kolektif rumah tangga terdaftar yang telah mengumpulkan uang dalam industri seperti baja dan tekstil.

Pendapatan rumah tangga sebagian besar diinvestasikan kembali ke dalam proyek-proyek lanjutan secara wajib agar menjaga siklus ekonomi.

Menurut surat kabar resmi China Daily, 200 rumah tangga desa pemegang saham di hotel 74 lantai, bintang lima, masing-masing menyediakan 10 juta yuan (US$ 1,5 juta) dalam modal untuk proyek tersebut.

"Bangunan ini simbol kolektivisme," kata surat kabar Zhou Li, wakil Huaxi itu sekretaris Partai Komunis, mengatakan.

Tetapi beberapa kritikus sengketa "sosialis" desa label, mengatakan malah menjadi simbol kapitalisme di negara komunis. Huaxi Group, perusahaan yang mengelola bisnis desa, memiliki 2.000 pemegang saham - semua penduduk terdaftar. Pendatang tidak diizinkan untuk menjadi pemegang saham, bahkan jika mereka bekerja di sana.

Menurut pejabat yang berbicara kepada AFP, keberhasilan Huaxi menjadi titik fokus untuk kampanye pemerintah "mempelajari pengalaman Huaxi".

Hotel ini diharapkan dapat mengakomodasi pengusaha terlibat dalam industri desa yang luas. Para pejabat datang untuk mempelajari model Huaxi. Banyak pula wisatawan yang mengunjungi kawasan itu, katanya.


sumber : http://manca.cukupsatu.com/news/read...di-desa-miskin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kOmentar aNda

Template Design by prieto
ShoutMix chat widget